Oleh
Nama : Nuha Hanifah
NPM : 1417051105
PROGRAM
STUDI ILMU KOMPUTER
FAKULTAS
MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
UNIVERSITAS
LAMPUNG
2014
KATA PENGANTAR
Puji
dan syukur penulis panjatkan kepada Allah SWT atas selesainya makalah yang berjudul
“Pengaruh Gadget Terhadap Pembentukan
Karakter Bangsa”. Atas dukungan moral dan materi yang diberikan dalam penyusunan makalah ini, makapenulis mengucapkan banyak terima kasih kepada bapak dan ibu yang memberikan tugas ini. Penulis menyadari makalah ini belumlah sempurna. Oleh karena itu saran dan kritik yang membangun dari rekan – rekan sangat dibutuhkan untuk penyempurnaan makalah ini.
Karakter Bangsa”. Atas dukungan moral dan materi yang diberikan dalam penyusunan makalah ini, makapenulis mengucapkan banyak terima kasih kepada bapak dan ibu yang memberikan tugas ini. Penulis menyadari makalah ini belumlah sempurna. Oleh karena itu saran dan kritik yang membangun dari rekan – rekan sangat dibutuhkan untuk penyempurnaan makalah ini.
Penulis
ii
DAFTAR ISI
Halaman
HALAMAN
JUDUL.............................................................................................. i
KATA
PENGANTAR............................................................................................ ii
DARTAR ISI.......................................................................................................... iii
DARTAR ISI.......................................................................................................... iii
BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang........................................................................................
1
1.2 Rumusan
Masalah.................................................................................... 2
1.3 Tujuan
Penulisan...................................................................................... 2
BAB II PEMBAHASAN
2.1 Pengertian Gadget.................................................................................. 3
2.2 Perkembangan Gadget di Indonesia....................................................... 3
2.3 Dampak Positif dan Negatif Gadget....................................................... 4
2.4 Pengaruh Gadget Terhadap Pembentukan Karakter Bangsa……..…... 6
2.2 Perkembangan Gadget di Indonesia....................................................... 3
2.3 Dampak Positif dan Negatif Gadget....................................................... 4
2.4 Pengaruh Gadget Terhadap Pembentukan Karakter Bangsa……..…... 6
BAB III PENUTUP
3.1
Simpulan..................................................................................................
8
3.2 Saran........................................................................................................ 8
3.2 Saran........................................................................................................ 8
DAFTAR PUSTAKA............................................................................................... 9
iii
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang
Pada
hakikatnya ilmu sains
dan ilmu komputer merupakan dua hal yang tidak dapat terpisahkan. Dalam penerapannya, perpaduan ilmu sains dan ilmu komputer menghasilkan apa yang disebut teknologi. Teknologi akan terus berkembang seiring
perkembangan peradaban manusia di dunia.
Salah satu contoh teknologi yang sangat popular pada zaman ini adalah gadget. Di era serba IT seperti saat ini, semua orang membutuhkan alat yang memudahkan dirinya dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Tidak hanya di negara maju, di
negara berkembang, gadget mempunyai andil yang cukup besar dalam perkembangannya terutama di Indonesia. Gadget tentu saja tidak hanya
memberikan sebuah kemudahan
, namun juga
dapat menimbulkan dampak negatif
terutama dalam pembentukan karakter
bangsa. Dewasa ini gadget
tidak hanya digunakan oleh kalangan tertentu saja. Anak-anak dalam kesehariannya tidak pernah lepas dari alat komunikasi canggih tersebut. Hal ini
menyebabkan perubahan pola pikir anak bangsa yang dapat memicu terbentuknya suatu
karakter bangsa.
1.2 Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang tersebut, dapat dirumuskan permasalahan sebagai
berikut :
Berdasarkan latar belakang tersebut, dapat dirumuskan permasalahan sebagai
berikut :
1.2.1
Bagaimanakah
perkembangan gadget di Indonesia?
1.2.2
Apakah pengaruhnya
terhadap pembentukan karakter bangsa?
1.3 Tujuan Penulisan
1.3.1
Mengetahui
perkembangan gadget di Indonesia.
1.3.2
Mengetahui
pengaruh gadget terhadap pembentukan karakter bangsa.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Pengertian Gadget
Gadget adalah sebuah
istilah yang berasal dari bahasa Inggris, yang artinya perangkat elektronik
kecil yang memiliki fungsi khusus. Salah satu hal yang membedakan gadget dengan
perangkat elektronik lainnya adalah unsur “kebaruan”. Artinya, dari hari ke
hari gadget selalu muncul dengan menyajikan teknologi terbaru yang membuat
hidup manusia menjadi lebih praktis. Contoh-contoh dari gadget di antaranya
telepon pintar (smartphone) seperti iphone dan blackberry, serta netbook
(perpaduan antara komputer portabel seperti notebook dan internet).
2.2 Perkembangan Gadget di Indonesia
Seperti yang diketahui, saat ini perkembangan gadget di Indonesia sangat pesat. Bahkan peminat gadget di
Indonesia semakin bertambah dan hampir semua kalangan masyarakat gemar menggunakan
gadget. Gadget yang menjadi pilihan
banyak orang di Indonesia antara lain adalah Blackberry, Apple, dan Android.
Banyak analis yang mengatakan bahwa Indonesia merupakan pasar
yang unik. Keunikan tersebut terlihat dalam melakukan pembelian dan penggunaan
gadget terutama sebuah ponsel. Hal ini terlihat pada pembelian ponsel Blackberry yang terus meningkat. Terlebih lagi penerapan operasi
sistem yang sama pada produk gadget buatan Cina dengan fasilitas yang sangat
menarik juga menyebabkan peningkatan pembelian dan penggunaan gadget di
Indonesia saat ini. Karena semakin bersaing nya
produk-produk gadget di pasaran, harga gadget pun semakin ekonomis. Karena itu
banyak produk-produk baru yang menawarkan gadget dengan harga yang cukup murah
sehingga dengan mudahnya untuk memilki
sebuah gadget saat ini.
Maka dari itu perkembangan gadget di Indonesia sangatlah pesat karena
seiring dengan perkembangan gadget itu sendiri dan masuknya produk gadget dari
berbagai negara dan Indonesia merupakan pengguna gadget terbanyak terutama pada
produk buatan Cina.
2.3 Dampak Positif dan
Negatif Gadget
Perkembangan gadget di Indonesia tentu saja menimbulkan beberapa
dampak positif dan negatif .
2.3.1
Dampak positif
Gadget merupakan salah satu alat yang memiliki tekonologi yang canggih.
Jadi semua orang dapat dengan mudah berkomunikasi dengan orang lain dari
seluruh penjuru dunia. Komunikasi jarak jauh terasa semakin dekat karena
keberadaan handphone dan gadget lain
yang bisa difungsikan sebagai alat komunikasi. Memperpendek jarak, efisiensi
kerja, dan hiburan.
Dengan adanya gadget yang berteknologi canggih, tentu saja dapat menambah pengetahuan dan wawasan. Anak-anak dengan mudah dan cepat untuk mendapatkan informasi mengenai tugas nya di sekolah. Misalnya kita ingin browsing internet dimana saja dan kapan saja yang ingin kita ketahui.
Gadget juga dapat memperluas jaringan persahabatan karena dapat dengan mudah dan cepat bergabung ke social media. Jadi, kita dapat dengan mudah untuk berbagi bersama teman kita.
Dengan adanya gadget yang berteknologi canggih, tentu saja dapat menambah pengetahuan dan wawasan. Anak-anak dengan mudah dan cepat untuk mendapatkan informasi mengenai tugas nya di sekolah. Misalnya kita ingin browsing internet dimana saja dan kapan saja yang ingin kita ketahui.
Gadget juga dapat memperluas jaringan persahabatan karena dapat dengan mudah dan cepat bergabung ke social media. Jadi, kita dapat dengan mudah untuk berbagi bersama teman kita.
2.3.2 Dampak Negatif
Gadget memilki fiture-fiture yang
canggih seperti, kamera, video, games dan lain-lain. Fiture itu semua dapat
mengganggu proses pembelajaran di sekolah. Misalnya ketika guru menerangkan
pelajaran di depan salah satu siswa bermain gadget nya di belakang atau bisa
juga di pergunakan sebagai alat untuk hal-hal yang tidak baik. Dengan kecanggihan
yang diberikan oleh gadget pula, maka anak-anak dapat dengan mudah mendownload
video-video yang bukan tontonannya.
Selain itu setiap orang pasti ada yang
memiliki sifat update di mana saja. Jadi orang ingin berbuat kejahatan dengan
mudah mencari nya dari hasil update nya yang boleh dibilang terlalu sering.
Bagi yang ketergantungan yang konotasinya kearah negatif, gadget bisa mengakibatkan lupa waktu bahkan mengganggu kesehatan. Bahkan sebuah hasil penelitian menyebutkan, ketergantungan pada gadget menurunkan prestasi pada anak-anak akibat lemahnya konsentrasi, mempengaruhi kemampuan menganalisa permasalahan, malas menulis dan membaca, serta menurunkan kemampuan bersosialisasi.
Kemudahan akses internet lewat gadget juga membuat kita semakin mudah dan cepat mendapat apa yang kita mau. Akibatnya, anak-anak menjadi malas, tidak mau berusaha, dan tidak tahan banting.
Bagi yang ketergantungan yang konotasinya kearah negatif, gadget bisa mengakibatkan lupa waktu bahkan mengganggu kesehatan. Bahkan sebuah hasil penelitian menyebutkan, ketergantungan pada gadget menurunkan prestasi pada anak-anak akibat lemahnya konsentrasi, mempengaruhi kemampuan menganalisa permasalahan, malas menulis dan membaca, serta menurunkan kemampuan bersosialisasi.
Kemudahan akses internet lewat gadget juga membuat kita semakin mudah dan cepat mendapat apa yang kita mau. Akibatnya, anak-anak menjadi malas, tidak mau berusaha, dan tidak tahan banting.
2.4 Pengaruh Gadget Terhadap Pembentukan Karakter Bangsa
Melihat
perkembangan zaman dan teknologi sekarang membuat produsen elektronik semakin
gencar menciptakan produk baru yang bisa menghipnotis anak-anak bangsa. Namun,
apakah semua bisa bermanfaat positif bagi kita? Tentu saja, semua tergantung
cara kita menyikapi dan memanfaatkan teknologi tersebut.
Di zaman modern
seperti ini, beberapa orang berdalih bahwa pemberian teknologi
seperti gadget kepada anak mereka bertujuan untuk membahagiakan buah hatinya.
Memang hal itu sah-sah saja. Namun jika
kita telusuri selain keuntungan dan dampak positif yang kita dapat, ada banyak
juga kerugian dan dampak negatif yang akan kita dapat pula. Terlebih lagi
dampak-dampak tersebut memicu pada pembentukan karakter bangsa.
Selama dua dekade terakhir teknologi telah berkembang pada tingkat yang sangat cepat dan terus berkembang pesat. Anak-anak sekarang disajikan dengan teknologi pada usia muda, dan celakanya, anak-anak ini pada dasarnya belum tahu dan atau belum bisa membedakan dunia yang terhubung secara elektronik dan terhubung secara nyata.
Selama dua dekade terakhir teknologi telah berkembang pada tingkat yang sangat cepat dan terus berkembang pesat. Anak-anak sekarang disajikan dengan teknologi pada usia muda, dan celakanya, anak-anak ini pada dasarnya belum tahu dan atau belum bisa membedakan dunia yang terhubung secara elektronik dan terhubung secara nyata.
Benar bahwa teknologi dapat memiliki
efek memberdayakan. Dan ini bisa menjadi keuntungan bagi anak-anak bangsa. Hal
ini juga mendorong mereka untuk menciptakan inovasi baru yang bahkan lebih
baik. Tak bisa dipungkiri bahwa banyak kemajuan teknologi yang menjadi alasan
anak kecil menjadi bahagia. Juga, masa depan generasi muda cenderung lebih
cerah jika memahami kekuatan teknologi.
Benar pula bahwa gadget seperti video atau game PC adalah cara yang bagus bagi anak-anak muda untuk berkolaborasi dan belajar bagaimana bekerja sebagai sebuah tim dan dapat berlatih membangun team-work untuk mencapai satu tujuan yang sama.
Benar pula bahwa gadget seperti video atau game PC adalah cara yang bagus bagi anak-anak muda untuk berkolaborasi dan belajar bagaimana bekerja sebagai sebuah tim dan dapat berlatih membangun team-work untuk mencapai satu tujuan yang sama.
Namun, benar juga bahwa teknologi
seperti gadget juga bisa menjadi pangkal sebab berbagai masalah fisik dan
mental anak-anak bangsa.
Secara teoritis, memang bukan video atau handphone atau game itu sendiri yang menyebabkan masalah kesehatan pada anak-anak. Tapi, kelebihan fokus pada gadget dapat menyebabkan kebiasaan tidak sehat.
Misal saja, anak-anak muda menjadi kurang berinteraksi sosial secara nyata dan cenderung pemalu. Selain itu, gadget juga bisa menjauhkan anak dari orang tua karena anak lebih tertarik menghabiskan waktu dengan mainannya.
Secara teoritis, memang bukan video atau handphone atau game itu sendiri yang menyebabkan masalah kesehatan pada anak-anak. Tapi, kelebihan fokus pada gadget dapat menyebabkan kebiasaan tidak sehat.
Misal saja, anak-anak muda menjadi kurang berinteraksi sosial secara nyata dan cenderung pemalu. Selain itu, gadget juga bisa menjauhkan anak dari orang tua karena anak lebih tertarik menghabiskan waktu dengan mainannya.
Dikarenakan dengan mudahnya
mendapatkan gadget saat ini dan semakin hari produk-produk gadget semakin
canggih, timbullah prilaku konsumtif yang berlebihan pada anak-anak bangsa.
Terang saja karena semakin bersaing nya produk-produk gadget di pasaran, harga
gadget pun semakin ekonomis. Hanya dengan menabung beberapa bulan saja
anak-anak muda bisa dengan mudah bergonta-ganti gadget atau mungkin mengoleksi
gadget-gadget tersebut.
Dikarenakan dengan mudahnya
mendapatkan informasi pula, pola pikir anak-anak bangsa menjadi instan. Akibatnya, anak-anak bangsa menjadi malas, tidak mau
berusaha, dan tidak tahan banting. Hal ini dapat memicu suatu karakter bangsa
yang akan berdampak pada kualitas generasi muda penerus bangsa kita di masa
depan.
BAB III
PENUTUP
PENUTUP
3.1
Simpulan
Berdasarkan pembahasan yang telah penulis bahas di atas, penulis dapat menarik kesimpulan sebagai berikut :
3.1.1 Perkembangan gadget di Indonesia sangatlah pesat karena seiring dengan
perkembangan gadget itu sendiri, masuknya produk gadget dari berbagai
negara dan semakin ekonomisnya harga gadget dan Indonesia merupakan
pengguna gadget terbanyak terutama pada produk buatan Cina.
3.1.2 Gadget mempunyai andil besar dalam kehidupan sehari-hari. Gadget dalam
hal ini hasil dari penerapan ilmu sains dan ilmu komputer mempunyai efek
memberdayakan. Hal tersebut bersifat positif dikarenakan dapat
mendorong anak bangsa untuk berkreasi dan menciptakan inovasi baru.
Namun, tak bisa dipungkiri bahwa gadget juga memiliki sisi negatif.
Dikarenakan dengan mudahnya mendapat informasi, pola pikir anak
bangsa menjadi instan. Akibatnya anak bangsa menjadi malas, tidak mau
berusaha, dan tidak tahan banting. Hal tersebut dapat memicu suatu
karakter bangsa yang akan berdampak pada kualitas generasi muda penerus
bangsa di masa mendatang.
Berdasarkan pembahasan yang telah penulis bahas di atas, penulis dapat menarik kesimpulan sebagai berikut :
3.1.1 Perkembangan gadget di Indonesia sangatlah pesat karena seiring dengan
perkembangan gadget itu sendiri, masuknya produk gadget dari berbagai
negara dan semakin ekonomisnya harga gadget dan Indonesia merupakan
pengguna gadget terbanyak terutama pada produk buatan Cina.
3.1.2 Gadget mempunyai andil besar dalam kehidupan sehari-hari. Gadget dalam
hal ini hasil dari penerapan ilmu sains dan ilmu komputer mempunyai efek
memberdayakan. Hal tersebut bersifat positif dikarenakan dapat
mendorong anak bangsa untuk berkreasi dan menciptakan inovasi baru.
Namun, tak bisa dipungkiri bahwa gadget juga memiliki sisi negatif.
Dikarenakan dengan mudahnya mendapat informasi, pola pikir anak
bangsa menjadi instan. Akibatnya anak bangsa menjadi malas, tidak mau
berusaha, dan tidak tahan banting. Hal tersebut dapat memicu suatu
karakter bangsa yang akan berdampak pada kualitas generasi muda penerus
bangsa di masa mendatang.
3.2
Saran
Dari simpulan di atas sebaiknya dilakukan upaya-upaya sebagai berikut :
3.2.1 Dibatasi dalam hal pemakaian gadget.
3.2.2 Dilakukan pemberdayaan teknologi yang lebih mendidik.
Dari simpulan di atas sebaiknya dilakukan upaya-upaya sebagai berikut :
3.2.1 Dibatasi dalam hal pemakaian gadget.
3.2.2 Dilakukan pemberdayaan teknologi yang lebih mendidik.
DAFTAR
PUSTAKA
http://teknologi.kompasiana.com/gadget/2014/03/22/perkembangan-gadget-di-indonesia--643289.html
http://www.artikelbagus.com/2011/11/apa-itu-gadget-dan-pengertian-gadget.html
http://www.vemale.com/topik/parenting-dan-bayi/34664-dampak-positif-dan-negatif-gadget.html
http://bloganakmanis.blogspot.com/2013/05/pengertian-dan-manfaat-gadget.html
http://www.artikelbagus.com/2011/11/apa-itu-gadget-dan-pengertian-gadget.html
http://lastparisiancowboy.blogspot.com/2014/03/perkembangan-gadget-di-indonesia.html
0 komentar on "Tugas Makalah"
Posting Komentar