Selasa, 16 September 2014

Tugas Makalah

Diposting oleh Unknown di 09.17
Pengaruh Gadget Terhadap Pembentukan
Karakter Bangsa




   Oleh
 Nama : Nuha Hanifah
  NPM : 1417051105



PROGRAM STUDI ILMU KOMPUTER
FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
UNIVERSITAS LAMPUNG
2014


KATA PENGANTAR
Puji dan syukur penulis panjatkan kepada Allah SWT atas selesainya makalah yang berjudul “Pengaruh Gadget Terhadap Pembentukan
Karakter Bangsa”
. Atas dukungan moral dan materi yang diberikan dalam penyusunan makalah ini, makapenulis mengucapkan banyak terima kasih kepada bapak dan ibu yang memberikan tugas ini. Penulis menyadari makalah ini belumlah sempurna. Oleh karena itu saran dan kritik yang membangun dari rekan – rekan sangat dibutuhkan untuk penyempurnaan makalah ini.
 Penulis












ii
DAFTAR ISI
                                                                                                                          Halaman
HALAMAN JUDUL..............................................................................................     i
KATA PENGANTAR............................................................................................    ii
DARTAR ISI..........................................................................................................   iii
BAB I PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang........................................................................................  1
1.2  Rumusan Masalah.................................................................................... 2
1.3  Tujuan Penulisan...................................................................................... 2
BAB II PEMBAHASAN
2.1 Pengertian Gadget..................................................................................  3
2.2 Perkembangan Gadget di Indonesia.......................................................  3
2.3 Dampak Positif dan Negatif Gadget.......................................................  4
2.4 Pengaruh Gadget Terhadap Pembentukan Karakter Bangsa……..…...   6
BAB III PENUTUP
            3.1 Simpulan.................................................................................................. 8
            3.2 Saran........................................................................................................ 8
DAFTAR PUSTAKA...............................................................................................  9


iii
BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Pada hakikatnya ilmu sains dan ilmu komputer  merupakan dua hal yang tidak dapat terpisahkan. Dalam penerapannya, perpaduan ilmu sains dan ilmu komputer  menghasilkan apa yang disebut teknologi. Teknologi akan terus berkembang seiring perkembangan peradaban manusia di dunia. Salah satu contoh teknologi yang sangat popular pada zaman  ini adalah gadget. Di era serba IT seperti saat ini, semua orang  membutuhkan alat yang memudahkan dirinya dalam  melakukan  aktivitas sehari-hari. Tidak hanya di negara maju, di negara berkembang, gadget mempunyai andil yang cukup besar dalam  perkembangannya terutama di Indonesia. Gadget tentu saja tidak hanya memberikan  sebuah  kemudahan , namun juga dapat menimbulkan dampak negatif terutama dalam pembentukan karakter  bangsa. Dewasa ini gadget tidak hanya digunakan oleh kalangan tertentu saja. Anak-anak dalam  kesehariannya  tidak pernah  lepas dari alat komunikasi canggih tersebut. Hal ini menyebabkan  perubahan pola pikir  anak bangsa yang dapat memicu terbentuknya suatu karakter bangsa.



1.2  Rumusan Masalah
 Berdasarkan latar belakang tersebut, dapat dirumuskan permasalahan sebagai
 berikut :
1.2.1        Bagaimanakah perkembangan gadget di Indonesia?
1.2.2        Apakah pengaruhnya terhadap pembentukan  karakter bangsa?

1.3  Tujuan Penulisan
1.3.1        Mengetahui perkembangan gadget di Indonesia.
1.3.2        Mengetahui pengaruh gadget terhadap pembentukan karakter bangsa.



BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Pengertian Gadget
      Gadget adalah sebuah istilah yang berasal dari bahasa Inggris, yang artinya perangkat elektronik kecil yang memiliki fungsi khusus. Salah satu hal yang membedakan gadget dengan perangkat elektronik lainnya adalah unsur “kebaruan”. Artinya, dari hari ke hari gadget selalu muncul dengan menyajikan teknologi terbaru yang membuat hidup manusia menjadi lebih praktis. Contoh-contoh dari gadget di antaranya telepon pintar (smartphone) seperti iphone dan blackberry, serta netbook (perpaduan antara komputer portabel seperti notebook dan internet).

2.2 Perkembangan Gadget di Indonesia
Seperti yang diketahui, saat ini perkembangan gadget di Indonesia sangat pesat. Bahkan peminat gadget di Indonesia semakin bertambah dan hampir semua kalangan masyarakat gemar menggunakan  gadget. Gadget yang menjadi pilihan banyak orang di Indonesia antara lain adalah Blackberry, Apple, dan Android.
Banyak analis yang mengatakan bahwa Indonesia merupakan pasar yang unik. Keunikan tersebut terlihat dalam melakukan pembelian dan penggunaan gadget terutama sebuah ponsel. Hal ini terlihat pada pembelian ponsel Blackberry yang terus meningkat. Terlebih lagi penerapan operasi sistem yang sama pada produk gadget buatan Cina dengan fasilitas yang sangat menarik juga menyebabkan peningkatan pembelian dan penggunaan gadget di Indonesia saat ini. Karena semakin bersaing nya produk-produk gadget di pasaran, harga gadget pun semakin ekonomis. Karena itu banyak produk-produk baru yang menawarkan gadget dengan harga yang cukup murah sehingga dengan mudahnya  untuk memilki sebuah gadget saat ini.
Maka dari itu perkembangan gadget di Indonesia sangatlah pesat karena seiring dengan perkembangan gadget itu sendiri dan masuknya produk gadget dari berbagai negara dan Indonesia merupakan pengguna gadget terbanyak terutama pada produk buatan Cina.

2.3 Dampak Positif dan Negatif Gadget
      Perkembangan  gadget di Indonesia tentu saja menimbulkan beberapa dampak positif dan negatif .
2.3.1 Dampak positif
    Gadget merupakan salah satu alat yang memiliki tekonologi yang canggih. Jadi semua orang dapat dengan mudah berkomunikasi dengan orang lain dari seluruh penjuru dunia. Komunikasi jarak jauh terasa semakin dekat karena keberadaan handphone dan  gadget lain yang bisa difungsikan sebagai alat komunikasi. Memperpendek jarak, efisiensi kerja, dan hiburan.
          Dengan adanya gadget yang berteknologi canggih, tentu saja dapat menambah pengetahuan dan wawasan. Anak-anak dengan mudah dan cepat untuk mendapatkan informasi mengenai tugas nya di sekolah. Misalnya kita ingin browsing internet dimana saja dan kapan saja yang ingin kita ketahui.
          Gadget juga dapat memperluas jaringan persahabatan karena dapat dengan mudah dan cepat bergabung ke social media. Jadi, kita dapat dengan mudah untuk berbagi bersama teman kita.
2.3.2 Dampak Negatif
         Gadget memilki fiture-fiture yang canggih seperti, kamera, video, games dan lain-lain. Fiture itu semua dapat mengganggu proses pembelajaran di sekolah. Misalnya ketika guru menerangkan pelajaran di depan salah satu siswa bermain gadget nya di belakang atau bisa juga di pergunakan sebagai alat untuk hal-hal yang tidak baik. Dengan kecanggihan yang diberikan oleh gadget pula, maka anak-anak dapat dengan mudah mendownload video-video yang bukan tontonannya.
Selain itu setiap orang pasti ada yang memiliki sifat update di mana saja. Jadi orang ingin berbuat kejahatan dengan mudah mencari nya dari hasil update nya yang boleh dibilang terlalu sering.
            B
agi yang ketergantungan yang konotasinya kearah negatif, gadget bisa mengakibatkan lupa waktu bahkan mengganggu kesehatan. Bahkan sebuah hasil penelitian menyebutkan, ketergantungan pada gadget menurunkan prestasi pada anak-anak akibat lemahnya konsentrasi, mempengaruhi kemampuan menganalisa permasalahan, malas menulis dan membaca, serta menurunkan kemampuan bersosialisasi.
            Kemudahan akses internet lewat gadget juga membuat kita semakin mudah dan cepat mendapat apa yang kita mau.  Akibatnya, anak-anak menjadi malas, tidak mau berusaha, dan tidak tahan banting.


2.4 Pengaruh Gadget Terhadap Pembentukan Karakter Bangsa
      Melihat perkembangan zaman dan teknologi sekarang membuat produsen elektronik semakin gencar menciptakan produk baru yang bisa menghipnotis anak-anak bangsa. Namun, apakah semua bisa bermanfaat positif bagi kita? Tentu saja, semua tergantung cara kita menyikapi dan memanfaatkan teknologi tersebut.
       Di zaman modern seperti ini, beberapa orang berdalih bahwa pemberian teknologi seperti gadget kepada anak mereka bertujuan untuk membahagiakan buah hatinya. Memang hal itu sah-sah saja. Namun  jika kita telusuri selain keuntungan dan dampak positif yang kita dapat, ada banyak juga kerugian dan dampak negatif yang akan kita dapat pula. Terlebih lagi dampak-dampak tersebut memicu pada pembentukan karakter bangsa.
        Selama dua dekade terakhir teknologi telah berkembang pada tingkat yang sangat cepat dan terus berkembang pesat. Anak-anak sekarang disajikan dengan teknologi pada usia muda, dan celakanya, anak-anak ini pada dasarnya belum tahu dan atau belum bisa membedakan dunia yang terhubung secara elektronik dan terhubung secara nyata.
        Benar bahwa teknologi dapat memiliki efek memberdayakan. Dan ini bisa menjadi keuntungan bagi anak-anak bangsa. Hal ini juga mendorong mereka untuk menciptakan inovasi baru yang bahkan lebih baik. Tak bisa dipungkiri bahwa banyak kemajuan teknologi yang menjadi alasan anak kecil menjadi bahagia. Juga, masa depan generasi muda cenderung lebih cerah jika memahami kekuatan teknologi.
         Benar pula bahwa gadget seperti video atau game PC adalah cara yang bagus bagi anak-anak muda untuk berkolaborasi dan belajar bagaimana bekerja sebagai sebuah tim dan dapat berlatih membangun team-work untuk mencapai satu tujuan yang sama.
            Namun, benar juga bahwa teknologi seperti gadget juga bisa menjadi pangkal sebab berbagai masalah fisik dan mental anak-anak bangsa. 
Secara teoritis, memang bukan video atau handphone atau game itu sendiri yang menyebabkan  masalah kesehatan pada anak-anak. Tapi, kelebihan fokus pada gadget dapat menyebabkan kebiasaan tidak sehat.
            Misal saja, anak-anak muda  menjadi kurang berinteraksi sosial secara nyata dan cenderung pemalu. Selain itu, gadget juga bisa menjauhkan anak dari orang tua karena anak lebih tertarik menghabiskan waktu dengan mainannya.
            Dikarenakan dengan mudahnya mendapatkan gadget saat ini dan semakin hari produk-produk gadget semakin canggih, timbullah prilaku konsumtif yang berlebihan pada anak-anak bangsa. Terang saja karena semakin bersaing nya produk-produk gadget di pasaran, harga gadget pun semakin ekonomis. Hanya dengan menabung beberapa bulan saja anak-anak muda bisa dengan mudah bergonta-ganti gadget atau mungkin mengoleksi gadget-gadget tersebut.
               Dikarenakan dengan mudahnya mendapatkan informasi pula, pola pikir anak-anak bangsa menjadi instan. Akibatnya, anak-anak bangsa menjadi malas, tidak mau berusaha, dan tidak tahan banting. Hal ini dapat memicu suatu karakter bangsa yang akan berdampak pada kualitas generasi muda penerus bangsa kita di masa depan.
BAB III
PENUTUP
3.1 Simpulan
      Berdasarkan pembahasan yang telah penulis bahas di atas, penulis dapat menarik kesimpulan sebagai berikut :
       3.1.1 Perkembangan gadget di Indonesia sangatlah pesat karena seiring dengan
                perkembangan gadget itu sendiri, masuknya produk gadget dari berbagai
                negara dan semakin ekonomisnya harga gadget dan Indonesia merupakan
                pengguna gadget terbanyak terutama pada produk buatan Cina.
      3.1.2 Gadget mempunyai andil besar dalam kehidupan sehari-hari. Gadget dalam
                hal ini hasil dari penerapan ilmu sains dan ilmu komputer mempunyai efek
                memberdayakan. Hal tersebut bersifat positif dikarenakan dapat
                mendorong anak bangsa untuk berkreasi dan menciptakan inovasi baru.
                Namun, tak bisa dipungkiri bahwa gadget juga memiliki sisi negatif.
                Dikarenakan dengan mudahnya  mendapat informasi, pola pikir anak
                bangsa menjadi instan. Akibatnya anak bangsa menjadi malas, tidak mau
                berusaha, dan tidak tahan banting. Hal tersebut dapat memicu suatu
                karakter bangsa yang akan berdampak pada kualitas generasi muda penerus
                bangsa di masa mendatang.
3.2 Saran
Dari simpulan di atas sebaiknya dilakukan upaya-upaya sebagai berikut :
      3.2.1 Dibatasi dalam hal pemakaian gadget.
      3.2.2 Dilakukan pemberdayaan teknologi yang lebih mendidik.
DAFTAR PUSTAKA
http://teknologi.kompasiana.com/gadget/2014/03/22/perkembangan-gadget-di-indonesia--643289.html
http://www.artikelbagus.com/2011/11/apa-itu-gadget-dan-pengertian-gadget.html
http://www.vemale.com/topik/parenting-dan-bayi/34664-dampak-positif-dan-negatif-gadget.html
http://bloganakmanis.blogspot.com/2013/05/pengertian-dan-manfaat-gadget.html
http://www.artikelbagus.com/2011/11/apa-itu-gadget-dan-pengertian-gadget.html
http://lastparisiancowboy.blogspot.com/2014/03/perkembangan-gadget-di-indonesia.html




0 komentar on "Tugas Makalah"

Posting Komentar

Tugas Makalah

Pengaruh Gadget Terhadap Pembentukan
Karakter Bangsa




   Oleh
 Nama : Nuha Hanifah
  NPM : 1417051105



PROGRAM STUDI ILMU KOMPUTER
FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
UNIVERSITAS LAMPUNG
2014


KATA PENGANTAR
Puji dan syukur penulis panjatkan kepada Allah SWT atas selesainya makalah yang berjudul “Pengaruh Gadget Terhadap Pembentukan
Karakter Bangsa”
. Atas dukungan moral dan materi yang diberikan dalam penyusunan makalah ini, makapenulis mengucapkan banyak terima kasih kepada bapak dan ibu yang memberikan tugas ini. Penulis menyadari makalah ini belumlah sempurna. Oleh karena itu saran dan kritik yang membangun dari rekan – rekan sangat dibutuhkan untuk penyempurnaan makalah ini.
 Penulis












ii
DAFTAR ISI
                                                                                                                          Halaman
HALAMAN JUDUL..............................................................................................     i
KATA PENGANTAR............................................................................................    ii
DARTAR ISI..........................................................................................................   iii
BAB I PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang........................................................................................  1
1.2  Rumusan Masalah.................................................................................... 2
1.3  Tujuan Penulisan...................................................................................... 2
BAB II PEMBAHASAN
2.1 Pengertian Gadget..................................................................................  3
2.2 Perkembangan Gadget di Indonesia.......................................................  3
2.3 Dampak Positif dan Negatif Gadget.......................................................  4
2.4 Pengaruh Gadget Terhadap Pembentukan Karakter Bangsa……..…...   6
BAB III PENUTUP
            3.1 Simpulan.................................................................................................. 8
            3.2 Saran........................................................................................................ 8
DAFTAR PUSTAKA...............................................................................................  9


iii
BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Pada hakikatnya ilmu sains dan ilmu komputer  merupakan dua hal yang tidak dapat terpisahkan. Dalam penerapannya, perpaduan ilmu sains dan ilmu komputer  menghasilkan apa yang disebut teknologi. Teknologi akan terus berkembang seiring perkembangan peradaban manusia di dunia. Salah satu contoh teknologi yang sangat popular pada zaman  ini adalah gadget. Di era serba IT seperti saat ini, semua orang  membutuhkan alat yang memudahkan dirinya dalam  melakukan  aktivitas sehari-hari. Tidak hanya di negara maju, di negara berkembang, gadget mempunyai andil yang cukup besar dalam  perkembangannya terutama di Indonesia. Gadget tentu saja tidak hanya memberikan  sebuah  kemudahan , namun juga dapat menimbulkan dampak negatif terutama dalam pembentukan karakter  bangsa. Dewasa ini gadget tidak hanya digunakan oleh kalangan tertentu saja. Anak-anak dalam  kesehariannya  tidak pernah  lepas dari alat komunikasi canggih tersebut. Hal ini menyebabkan  perubahan pola pikir  anak bangsa yang dapat memicu terbentuknya suatu karakter bangsa.



1.2  Rumusan Masalah
 Berdasarkan latar belakang tersebut, dapat dirumuskan permasalahan sebagai
 berikut :
1.2.1        Bagaimanakah perkembangan gadget di Indonesia?
1.2.2        Apakah pengaruhnya terhadap pembentukan  karakter bangsa?

1.3  Tujuan Penulisan
1.3.1        Mengetahui perkembangan gadget di Indonesia.
1.3.2        Mengetahui pengaruh gadget terhadap pembentukan karakter bangsa.



BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Pengertian Gadget
      Gadget adalah sebuah istilah yang berasal dari bahasa Inggris, yang artinya perangkat elektronik kecil yang memiliki fungsi khusus. Salah satu hal yang membedakan gadget dengan perangkat elektronik lainnya adalah unsur “kebaruan”. Artinya, dari hari ke hari gadget selalu muncul dengan menyajikan teknologi terbaru yang membuat hidup manusia menjadi lebih praktis. Contoh-contoh dari gadget di antaranya telepon pintar (smartphone) seperti iphone dan blackberry, serta netbook (perpaduan antara komputer portabel seperti notebook dan internet).

2.2 Perkembangan Gadget di Indonesia
Seperti yang diketahui, saat ini perkembangan gadget di Indonesia sangat pesat. Bahkan peminat gadget di Indonesia semakin bertambah dan hampir semua kalangan masyarakat gemar menggunakan  gadget. Gadget yang menjadi pilihan banyak orang di Indonesia antara lain adalah Blackberry, Apple, dan Android.
Banyak analis yang mengatakan bahwa Indonesia merupakan pasar yang unik. Keunikan tersebut terlihat dalam melakukan pembelian dan penggunaan gadget terutama sebuah ponsel. Hal ini terlihat pada pembelian ponsel Blackberry yang terus meningkat. Terlebih lagi penerapan operasi sistem yang sama pada produk gadget buatan Cina dengan fasilitas yang sangat menarik juga menyebabkan peningkatan pembelian dan penggunaan gadget di Indonesia saat ini. Karena semakin bersaing nya produk-produk gadget di pasaran, harga gadget pun semakin ekonomis. Karena itu banyak produk-produk baru yang menawarkan gadget dengan harga yang cukup murah sehingga dengan mudahnya  untuk memilki sebuah gadget saat ini.
Maka dari itu perkembangan gadget di Indonesia sangatlah pesat karena seiring dengan perkembangan gadget itu sendiri dan masuknya produk gadget dari berbagai negara dan Indonesia merupakan pengguna gadget terbanyak terutama pada produk buatan Cina.

2.3 Dampak Positif dan Negatif Gadget
      Perkembangan  gadget di Indonesia tentu saja menimbulkan beberapa dampak positif dan negatif .
2.3.1 Dampak positif
    Gadget merupakan salah satu alat yang memiliki tekonologi yang canggih. Jadi semua orang dapat dengan mudah berkomunikasi dengan orang lain dari seluruh penjuru dunia. Komunikasi jarak jauh terasa semakin dekat karena keberadaan handphone dan  gadget lain yang bisa difungsikan sebagai alat komunikasi. Memperpendek jarak, efisiensi kerja, dan hiburan.
          Dengan adanya gadget yang berteknologi canggih, tentu saja dapat menambah pengetahuan dan wawasan. Anak-anak dengan mudah dan cepat untuk mendapatkan informasi mengenai tugas nya di sekolah. Misalnya kita ingin browsing internet dimana saja dan kapan saja yang ingin kita ketahui.
          Gadget juga dapat memperluas jaringan persahabatan karena dapat dengan mudah dan cepat bergabung ke social media. Jadi, kita dapat dengan mudah untuk berbagi bersama teman kita.
2.3.2 Dampak Negatif
         Gadget memilki fiture-fiture yang canggih seperti, kamera, video, games dan lain-lain. Fiture itu semua dapat mengganggu proses pembelajaran di sekolah. Misalnya ketika guru menerangkan pelajaran di depan salah satu siswa bermain gadget nya di belakang atau bisa juga di pergunakan sebagai alat untuk hal-hal yang tidak baik. Dengan kecanggihan yang diberikan oleh gadget pula, maka anak-anak dapat dengan mudah mendownload video-video yang bukan tontonannya.
Selain itu setiap orang pasti ada yang memiliki sifat update di mana saja. Jadi orang ingin berbuat kejahatan dengan mudah mencari nya dari hasil update nya yang boleh dibilang terlalu sering.
            B
agi yang ketergantungan yang konotasinya kearah negatif, gadget bisa mengakibatkan lupa waktu bahkan mengganggu kesehatan. Bahkan sebuah hasil penelitian menyebutkan, ketergantungan pada gadget menurunkan prestasi pada anak-anak akibat lemahnya konsentrasi, mempengaruhi kemampuan menganalisa permasalahan, malas menulis dan membaca, serta menurunkan kemampuan bersosialisasi.
            Kemudahan akses internet lewat gadget juga membuat kita semakin mudah dan cepat mendapat apa yang kita mau.  Akibatnya, anak-anak menjadi malas, tidak mau berusaha, dan tidak tahan banting.


2.4 Pengaruh Gadget Terhadap Pembentukan Karakter Bangsa
      Melihat perkembangan zaman dan teknologi sekarang membuat produsen elektronik semakin gencar menciptakan produk baru yang bisa menghipnotis anak-anak bangsa. Namun, apakah semua bisa bermanfaat positif bagi kita? Tentu saja, semua tergantung cara kita menyikapi dan memanfaatkan teknologi tersebut.
       Di zaman modern seperti ini, beberapa orang berdalih bahwa pemberian teknologi seperti gadget kepada anak mereka bertujuan untuk membahagiakan buah hatinya. Memang hal itu sah-sah saja. Namun  jika kita telusuri selain keuntungan dan dampak positif yang kita dapat, ada banyak juga kerugian dan dampak negatif yang akan kita dapat pula. Terlebih lagi dampak-dampak tersebut memicu pada pembentukan karakter bangsa.
        Selama dua dekade terakhir teknologi telah berkembang pada tingkat yang sangat cepat dan terus berkembang pesat. Anak-anak sekarang disajikan dengan teknologi pada usia muda, dan celakanya, anak-anak ini pada dasarnya belum tahu dan atau belum bisa membedakan dunia yang terhubung secara elektronik dan terhubung secara nyata.
        Benar bahwa teknologi dapat memiliki efek memberdayakan. Dan ini bisa menjadi keuntungan bagi anak-anak bangsa. Hal ini juga mendorong mereka untuk menciptakan inovasi baru yang bahkan lebih baik. Tak bisa dipungkiri bahwa banyak kemajuan teknologi yang menjadi alasan anak kecil menjadi bahagia. Juga, masa depan generasi muda cenderung lebih cerah jika memahami kekuatan teknologi.
         Benar pula bahwa gadget seperti video atau game PC adalah cara yang bagus bagi anak-anak muda untuk berkolaborasi dan belajar bagaimana bekerja sebagai sebuah tim dan dapat berlatih membangun team-work untuk mencapai satu tujuan yang sama.
            Namun, benar juga bahwa teknologi seperti gadget juga bisa menjadi pangkal sebab berbagai masalah fisik dan mental anak-anak bangsa. 
Secara teoritis, memang bukan video atau handphone atau game itu sendiri yang menyebabkan  masalah kesehatan pada anak-anak. Tapi, kelebihan fokus pada gadget dapat menyebabkan kebiasaan tidak sehat.
            Misal saja, anak-anak muda  menjadi kurang berinteraksi sosial secara nyata dan cenderung pemalu. Selain itu, gadget juga bisa menjauhkan anak dari orang tua karena anak lebih tertarik menghabiskan waktu dengan mainannya.
            Dikarenakan dengan mudahnya mendapatkan gadget saat ini dan semakin hari produk-produk gadget semakin canggih, timbullah prilaku konsumtif yang berlebihan pada anak-anak bangsa. Terang saja karena semakin bersaing nya produk-produk gadget di pasaran, harga gadget pun semakin ekonomis. Hanya dengan menabung beberapa bulan saja anak-anak muda bisa dengan mudah bergonta-ganti gadget atau mungkin mengoleksi gadget-gadget tersebut.
               Dikarenakan dengan mudahnya mendapatkan informasi pula, pola pikir anak-anak bangsa menjadi instan. Akibatnya, anak-anak bangsa menjadi malas, tidak mau berusaha, dan tidak tahan banting. Hal ini dapat memicu suatu karakter bangsa yang akan berdampak pada kualitas generasi muda penerus bangsa kita di masa depan.
BAB III
PENUTUP
3.1 Simpulan
      Berdasarkan pembahasan yang telah penulis bahas di atas, penulis dapat menarik kesimpulan sebagai berikut :
       3.1.1 Perkembangan gadget di Indonesia sangatlah pesat karena seiring dengan
                perkembangan gadget itu sendiri, masuknya produk gadget dari berbagai
                negara dan semakin ekonomisnya harga gadget dan Indonesia merupakan
                pengguna gadget terbanyak terutama pada produk buatan Cina.
      3.1.2 Gadget mempunyai andil besar dalam kehidupan sehari-hari. Gadget dalam
                hal ini hasil dari penerapan ilmu sains dan ilmu komputer mempunyai efek
                memberdayakan. Hal tersebut bersifat positif dikarenakan dapat
                mendorong anak bangsa untuk berkreasi dan menciptakan inovasi baru.
                Namun, tak bisa dipungkiri bahwa gadget juga memiliki sisi negatif.
                Dikarenakan dengan mudahnya  mendapat informasi, pola pikir anak
                bangsa menjadi instan. Akibatnya anak bangsa menjadi malas, tidak mau
                berusaha, dan tidak tahan banting. Hal tersebut dapat memicu suatu
                karakter bangsa yang akan berdampak pada kualitas generasi muda penerus
                bangsa di masa mendatang.
3.2 Saran
Dari simpulan di atas sebaiknya dilakukan upaya-upaya sebagai berikut :
      3.2.1 Dibatasi dalam hal pemakaian gadget.
      3.2.2 Dilakukan pemberdayaan teknologi yang lebih mendidik.
DAFTAR PUSTAKA
http://teknologi.kompasiana.com/gadget/2014/03/22/perkembangan-gadget-di-indonesia--643289.html
http://www.artikelbagus.com/2011/11/apa-itu-gadget-dan-pengertian-gadget.html
http://www.vemale.com/topik/parenting-dan-bayi/34664-dampak-positif-dan-negatif-gadget.html
http://bloganakmanis.blogspot.com/2013/05/pengertian-dan-manfaat-gadget.html
http://www.artikelbagus.com/2011/11/apa-itu-gadget-dan-pengertian-gadget.html
http://lastparisiancowboy.blogspot.com/2014/03/perkembangan-gadget-di-indonesia.html




  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

 

Ceres Planet!! Copyright 2009 Sweet Cupcake Designed by Ipietoon Blogger Template Image by Online Journal